Merawat Komputer Menggunakan System Tools Windows

Unknown
Komputer adalah suatu barang yang harus sering di rawat, karna jika tidak komputer akan mudah rusak baik dari dalam maupun dari luarnya. Kita sebagai user komputer haruslah pandai-pandai menjaga dan merawat agar komputer yang kita pakai selalu sehat. Kali ini saya akan mengajak anda untuk membersihkan harddisk menggunakan tools-tools standard yang ada pada windows kita. Tools ini memang bertujuan untuk aplikasi utilities yang memungkinkan untuk digunakan. Saya memberikan tips ini agar anda rajin untuk membersihkan harddisk tanpa terkendala susahnya mencari software utilities, Baiklah langsung saja yang pertama.

1. Disk CleanUp
Tools ini memungkinkan anda untuk membersihkan semua file-file yang tidak berfungsi pada harddisk anda. Cara menggunakannya cukup mudah :
a. Silahkan anda klik menu start - kemudian ketikkan dikotak pencarian Disk Cleanup.
b. Setelah terbuka, silahkan anda pilih Drive yang akan anda bersihkan. Misalnya Drive C , kemudian pilih OK untuk melanjutkan.
c. Tunggu sampai proses selesai dan kemudian, silahkan centang semua pilihan File to deleted. Jika sudah silahkan pilih Ok. Jika ada confirmasi deleted file atau tidak, silahkan pilih Deleted file.



2. Disk Defragment
Tools ini berfungsi merapikan susunan file yang ada pada disk anda. Merapikan file-file bertujuan agar kinerja harddisk menjadi lancar dan tidak membuat komputer menjadi lelet.
a. Klik menu start - kemudian ketikkan dikotak pencarian Disk defragment.
b. Setelah terbuka, silahkan anda pilih Defragment Disk, silahkan tunggu sampai proses selesai.


Sebenarnya masih banyak fitur-fitur yang ada di system tools windows tetapi saya tidak menjelaskannya satu persatu, saya menjelaskan yang berfungsi untuk harddisk saja, dan jika anda ingin menggunakan system restore point, anda bisa lihat artikel berikut. Menggunakan system restore windows.
.

Tag Terpopuler