Panduan Lengkap Instalasi Windows XP

Ari Purnomo | 15:03 |

Instalasi Windows bagi beberapa orang mungkin sedikit sulit, mengingat instalasi windows bukan hanya memperbarui system oprasi, tetapi juga memperbarui semua program yang ada pada komputer tersebut. System oprasi windows saat ini adalah salah satu kebutuhan penting untuk komputer, Jika suatu komputer tidak memiliki system oprasi, maka kita tidak akan dapat melakukan suatu pekerjaan di dalam komputer.

Banyak jenis System oprasi, Dan sekarang saya akan memberikan panduan tentang bagaimana melakukan instalasi windows XP. Tentu tidak usah di tanyakan lagi tentang system oprasi yang satu ini. Walaupun sudah terbilang system oprasi Lawas, tetapi pemakaiannya masih banyak di gunakan.

Dalam penginstalan system oprasi, yang harus anda perhatikan ialah settingan Boot pada device DVD room. Anda harus masuk pada BIOS dan setting Boot-nya. Lihat selengkapnya tentang Setting Setting BIOS Untuk Mengatur Boot Device .

1. Jika sudah melakukan settingan, silahkan masukkan CD Windows anda. Jika sudah, maka anda akan masuk pada tampilan Setup windows. Tekan F8 untuk melanjutkan instalasi.


2. Kemudian, akan ada pembagian partisi harddisk, punya saya adalah contoh harddisk yang belum mempunyai partisi, maka saya akan membuatnya terlebih dahulu. Lihat keterangan di bawah layar biru, tekan C untuk membuat partisi.


3.  Masukkan kapasitas partisi yang ingin di buat, kapasitas menggunakan (MB). Sebagai contoh saya masukka 4989MB atau setara dengan 49,8 GB. Tekan Enter Untuk Membuatnya.


4. Sekarang Partisi sudah di buat, Tekan Enter untuk melanjutkan dan D untuk menghapus partisi yang telah di buat.


5. Kemudian pilihlah Format the partition using the  NTFS file system (Quick) , kemudian Enter untuk melanjutkan.


6. Silahkan Tunggu Proses Formating Harddisk dan instalasi yang sedang berjalan, nantinya komputer anda akan restart dengan sendirinya dan menampilkan gambar seperti di bawah ini.


7. Jika instalasi sudah seperuh jalan, maka kita akan diminta untuk melakukan settingan-settingan pada windows kita. Salah satunya pada layar di bawah ini, silahkan tekan Next untuk melewatinya.


8. Isikan Nama dan Organisasi, misal : Nama : arie purnomo, Organisasi : penggunacerdas . Kemudian Next.


9. Isilah Product Key sesuai tipe windows XP anda. Jika punya saya Windows XP Profesional dengan product key : MPJHB-6V7VB-GYD2C-9QVXX-XYMKB .


10. Tunggu sampai pengecekan key selesai, kemudian silahkan isi komputer name , dengan nama yang anda inginkan. Administrasi password tidak perlu di isikan.


11. Pilih Typical setting untuk memilih settingan jaringan secara default. Atau bisa juga memilih Custom setting untuk mengatur settingan secara manual, tetapi lebih di sarankan untuk memilih Typical setting.



12. Jika muncul gambar seperti di bawah ini, langsung saja NEXT.



13. Setelah itu, Instalasi sudah selesai dan windows anda siap untuk di gunakan.



Selamat mencobanya dan semoga berhasil. Jika ada pertanyaan silahkan di tanyakan.
.

1 comment:

  1. gan, laptop gue acer windows xp.. bbrp hari kmren eror,, gue hdupin keluar kata2 no bootable device-- insert boot disk and press any key.. solusinya gmana gan? td baca2 post yg laen, katanya mesti sett bios?bgmna sett ny gan, smntara laptop ny hdupin keluar kata2 gt? dvd drivernya jg ilang. klo pun ada trus msukinnya drmna?kan laptop nya ga bisa napa2in.. mohon balasannya gan.

    ReplyDelete