Penyebap Matinya Komputer Secara Tiba-Tiba

Unknown | 08:45 |

Kali ini saya akan membahas tentang masalah yang terjadi pada sebuah komputer / laptop. Pernahkah anda mengalami kejadian saat sedang beraktifitas dengan komputer, dan tanpa kita ketahui sebelumnya komputer  dapat mati secara tiba-tiba. Hal ini pastinya dapat membuat kita jengkel. Hal ini pernah saya alami pada saat mengerjakan tugas di komputer, setengah jam menghidupkan komputer tiba-tiba komputer yang saya gunakan mati, kemudian saya coba menghidupkannya kembali, walaupun berhasil hidup, tetapi itu hanya sebentar saja kemudian komputer kembali mati sampai akhirnya saya putuskan untuk membongkar komputer tersebut.

Ternyata penyebap utama dari masalah ini ialah, Fan atau kipas pendingin prosesor tidak berfungsi dengan baik. Saat komputer hidup, prosesor mempunyai peranan penting sehingga suhu yang dihasilkannya sangat tinggi, dengan memasang kipas prosesor, maka suhu panas dapat digantikan dengan suhu dingin yang dihasilkan oleh kipas tersebut. Jika Fan tidak berfungsi dengan baik maka secara otomatis komputer akan mati dengan sendirinya karna ia menganggap suhu yang berlebihan dapat merusak prosesor itu sendiri.

Jadi, sebelum anda menghidupkan komputer, pastikan kipas pendingin masih berfungsi dengan baik. Jangan paksakan untuk menghidupkan komputer jika kipas pendingin anda mati, hal ini dapat membuat prosesor terbakar dan pastinya dapat mengganggu kinerja komputer. Mungkin hanya itu saja yang saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda.
.

3 comments:

  1. yang ane tau sih biasanya kena bluescreen mas

    ReplyDelete
  2. ane pernah tu mas kayak gitu, padahal laptop baru

    ReplyDelete
  3. gan law laptop macam mana ngecek fan nya hdup tau tdk
    slm kenal
    visit back
    tekan nama d.atas

    ReplyDelete