Hindari Penggunaan Pasta Gigi Untuk Pendingin Prosesor

Unknown | 19:09 |

Prosesor merupakan komponen utama pada sebuah laptop ataupun komputer, prosesor sangat sensitif terutama pada suhu, terkadang prosesor harus mendapatkan perhatian khusus agar kinerjanya tidak terganggu. Prosesor dilengkapi dengan pendingin udara agar dapat bertahan saat melakukan aktifitasnya, terkadang prosesor diberikan bahan tambahan yang berupa silikon yang berguna sebagai penyejuk saat prosesor bekerja. Tetapi sayangnya beberapa orang menilai bahwa pasta gigi mampu menggantikan silikon untuk mendinginkan prosesor, benarkah itu ?? Kali ini kita akan membahasnya.

Menurut pasta gigi tidaklah efisien untuk digunakan sebagai bahan pendingin prosesor, mengapa ?? Pasta gigi ialah bahan yang sangat mudah mengering, jika dibiarkan terkena udara, maka bahan dari pasta gigi akan mengeras, bisa dibayangkan jika pasta gigi tersebut menempel disebuah prosesor dengan suhu panas yang tinggi, dalam beberapa hari pasta gigi mampu mengering.

Walaupun pada kenyataannya pasta gigi sangat sejuk jika kita pegang, tetapi ia hanya memberikan efek baik yang sangat singkat, jika berkelanjutan pasta gigi menempel pada prosesor, maka dapat dibayangkan pengerasan pasta gigi dapat menghambat udara yang keluar dari fan kipas ke prosesor, akibatnya suhu pada badan prosesor akan menjadi lebih panas. Sangat tidak disarankan untuk digunakan.

Nah, jika anda terlanjur menggunakannya, cepat-cepatlah buang pasta gigi tersebut sebelum terjadi kerusakan. Semoga penjelasan yang singkat ini mampu memberi manfaat untuk anda.
.

2 comments:

  1. tapi gan
    sbagian alamat mngtkan kalau pakai pasta gigi gak ad afek sampingnya.

    ReplyDelete
  2. Busyet... itu pasta silikon atau yang biasa disebut dengan silicon grease fungsinya untuk menyalurkan panas yang ada ke sirip-sirip pendingin... dengan demikian maka over heat dipastikan tidak akan terjadi... pasta gigi ??? wah ini betul-betul keterlaluan namanya...

    ReplyDelete