Melakukan Perawatan Aktif Dan Pasif Pada Komputer

Unknown | 20:59 |


Hai sobat, Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara merawat komputer dengan dua tipe perawatan. Kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Dengan perawatan preventive, kita  bisa  menekan permasalahan yang akan muncul seminal mungkin. Perawatan  secara  teratur  akan  mengurangi  beberapa  permasalahan seperti  crash system, kehilangan data bahkan sampai kerusakan komponen sehingga sistem komputer kita berumur lebih panjang. Pada beberapa kasus, kita memperbaiki sistem yang rusak karena tidak adanya perawatan preventive yang dilakukan. Dalam dunia bisnis, perawatan ini akan menambah nilai jual komputer Anda karena sistemnya masih berjalan dengan baik.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, terdapat dua tipe perawatan, Aktif dan Pasif. Kita namakan pasif, karena perawatan ini lebih mengarah kepada faktor lingkungan dan benda-benda non komputer yang membantu kinerja PC Anda, Sedangkan perawatan aktif adalah perawatan yang kita lakukan dalam tubuh PC itu sendiri. Baiklah langsung saja saya akan menjelaskannya : 

1. PERAWATAN PASIF

Perawatan Pasif meliputi langkah-langkah yang biasa kita gunakan untuk melakukan proteksi sistem terhadap lingkungan yang normal, baik secara fisik dan elektrikal. Hal fisik meliputi temperatur yang baik, thermal stress dari power, kontaminasi debu atau asap dan gangguan lain seperti getaran atau guncangan. Hal elektrikal meliputi ESD (electro-static discharge)/listrik statis, kebisingan power dan gangguan frekwensi radio. Berikut ini adalah tahap-tahap untuk melakukan perawatan pasif :

A. Memilih lokasi untuk komputer yang bebas dari polusi udara seperti asap, debu, kotoran dan polusi yang lain. Debu adalah salah satu musuh dari komputer, komponen komputer sangat rentan dengan kerusakan karna debu, jadi usahakan jika meletakkan komputer pada tempat yang terhindar dari debu.

B. Memperkecil kemungkinan terjadinya  variasi  suhu  di  dalam  ruangan.  Misalnya, dengan  memberi  AC  atau  tidak  menempatkan  komputer  dekat  jendela  agar komputer tidak terkena sinar matahari secara langsung. Komputer yang terkena sinar matahari langsung, tidak baik karna radiasi yang diberikan matahari sangat mengganggu komponen dari komputer itu sendiri

C. Bila memungkinkan, jauhkan komputer Anda dari pemancar atau sumber-sumber frekwensi radio. Pemancar sinyal-sinyal besar seperti Tower radio, parabola, dan sejenisnya.

D. Menyediakan outlet ground dari power yang sudah stabil dan bebas dari gangguan elektris dan interferensi. Hal ini berfungsi menghindari listrik statis. Tidak stabilnya listrik dapat memperlambat atau mengganggu kinerja dari komputer

Itulah tahap-tahap atau langkah-langkah untuk melakukan perawatan pasif. Perawatan pasif ialah perawatan dari luar yang menjaga komputer dari sisi kompnen bukan dari sisi programing. Mari kita langjutkan ke perawatan secara Aktif.


2. PERAWATAN AKTIF

Intensitas melakukan perawatan aktif sangatlah tergantung dari lingkungan dan kwalitas komponen komputer. Bila lingkungan kita kotor dan berdebu, kita harus membersihkan komputer paling tidak tiga kali dalam sebulan. Perawatan secara aktif sangat wajib dilakukan demi menjaga kesehatan komputer. Peran kita sebagai pengguna komputer sangat dibutuhkan, dengan ketekunan dan kesabaran, diharapkan anda tetap rutin untuk melakukan perawatan ini. Berikut tahap-tahap yang harus dilakukan:

A. Perawatan Untuk Non System Oprasi

- Melakukan pembersihan terhadap debu dan kotoran yang ada pada komponen komputer. Anda setidaknya membersihkan dalam jangka waktu 3 bulan sekali atau 5 bulan sekali, tergantung kondisi ruangan anda. Jika ruangan ber-AC maka anda cukup membersihkannya 2 taun sekali.

- Membersihkan konektor dan kontak pada konektor slot, konektor power supply, konektor keyboard, konektor mouse dan konektor speaker. Semua harus di cek dan pastikan tidak ada yang terlewatkan

- Melakukan pengecekan komponen, apakah ada yang rusak atau tidak, jika dirasa komponen itu sudah tidak bisa digunakan, silahkan anda ganti dengan yang baru. Komponen komputer sangatlah gampang rusak, rawatlah dengan teratur. Lihar faktor yang dapat merusak komponen komputer.

B. Untuk System Oprasi

- Melakukan Back-up data dan file-file penting pada waktu yang terjadwal, Buat system restore untuk mengantisipasi kerusakan yang tidak terduga.

-Melakukan clean up dengan menghapus semua file temporer, seperti file-file dari recycle bin, web browser history dan temporary internet files. semua file-file tidak berguna ini dapat menghambat kinerja komputer. Baca selengkapnya tentang Menjaga kemaksimalan kinerja komputer.

- Melakukan Scan Disk , Seperti yang tergambar pada namanya, ScanDisk memeriksa hard disk terhadap fragmen file yang keliru letak dan daerah kerusakan fisik. Periksa hard drive  Anda  secara teratur  dengan ScanDisk. Kenaikan mendadak pada  jumlah program yang mengalami error bisa berarti kerusakan hard disk.Gunakan software utilities yang tersedia di system oprasi anda.

- Melakukan defragment, Defragmen hard drive secara teratur untuk menjaganya berjalan lebih cepat dan  untuk meningkatkan peluang Anda memulihkan data  jika  drive tersebut mengalami crash. cek secara rutin, Defragment sangat baik untuk menjaga harddisk anda.

- Melakukan update antivirus, software, windows, dan aplikasi yang berfungsi untuk kesehatan komputer anda.

Itulah uraian secara ringkas bagaimana anda harus melakukan perawatan terhadap komputer menggunakan dua tipe perawatan. Dari penjelasan diatas, perawatan secara aktif sangat dibutuhkan, jika anda meningalkan perawatan secara aktif, maka sama saja anda memberikan umur yang singkat kepada komputer yang anda sayangi.
Selalu jaga komputer maupun laptop anda, ingat menjaga lebih baik daripada mengobatinya :) . Tunggu Update artikel baru dari saya.
.

4 comments: