Menjaga Komputer Dari Virus

Unknown
Apa yang terbayang oleh anda jika mendengar kata "VIRUS", ya, pasti di benak kita langsung terbayang bagaimana sifat-sifat dari virus tersebut. mengganggu,menghilangkan,sampai merusak adalah sifat dari virus-virus yang sengaja di buat untuk melumpuhkan komputer kita. Menjaga komputer dari serangan virus bukanlah perkara yang mudah, virus di ciptakan untuk percobaan dan untuk mencari hiburan semata, dan sekarang membuat virus telah di pelajari oleh kalangan pelajar  yang terdidik. mereka membuat virus dan mereka juga yang menciptakan antivirusnya. Dan kita juga yang di rugikan atas virus tersebut.

Penyerangan terhadap data-data sangatlah gampang jika virus tersebut telah memasuki area komputer kita. virus biasanya bersembunyi pada system windows dan program-program yang terdapat pada local disk C. tentu ini sangat menyulitkan kita untuk membasminya. tetapi anda tidak perlu khawatir, jalan keluar pasti ada.
sebelum anda terlambat maka segeralah bertindak dan merubah cara berfikir anda. di sini saya akan mencoba memberirau anda untuk mengatasi masalah tersebut, dan semoga cara ini dapat anda terima.

Pertama, Pasanglah antivirus yang Up To Date, atau yang telah ter-update setiap waktunya, antivirus adalah program pertama yang harus di instal dalam komputer atau laptop anda. antivirus yang selalu ter-update akan senantiasa mengawal komputer anda dari serangan virus yang masuk. antivirus juga berfungsi sebagai pembasmi data-data yang di curigai mengandung virus. ya walaupun pada setiap antivirus mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, tetapi percayalah memakai antivirus lebih baik daripada tidak memakainya sama sekali. ^_^

Kedua, Awasi setiap data-data yang hendak masuk ke komputer anda, data dapat di kirimkan melalui flashdisk, micro memory, harddisk external maupun DVD sekalipun. jika hendak menerima data lewat flashdisk, maka scan terlebih dahulu flashdisk tersebut. hal ini seringkali di abaikan, alasan waktu dan ingin cepat membuat hal penting terabaikan. jangan abaikan hal ini, hampir semua virus dengan mudah masuk ke komputer anda melewati flashdisk dan perangkat pengiriman data lainnya.

Ketiga, Selalu membuat "system restore", system restore memungkinkan anda mengembalikan komputer dalam kondisi sehat dan normal kembali. baca selengkapnya tentang system restore dan penggunaannya.

Keempat, Scan komputer anda secara menyeluruh minimal 5 bulan sekali, hal ini mencegah agar virus yang telah terlanjur masuk ke komputer dapat kita hilangkan, ingatlah, selalu update antivirus anda.

Kelima, Jangan suka menginstal aplikasi yang tidak jelas, kemungkinan akan terjadi bahwa aplikasi tersebut dapat menyebabkan virus. virus yang telah menyebar sangat sulit untuk di hilangkan.

Keenam, Selalu aktifkan firewall anda. Firewall adalah sebuah perangkat lunak yang memblok koneksi yang berpotensi berbahaya untuk mencegah virus dari jaringan menembus ke dalam sistem anda. jika anda telah mengaktifkannya, maka anda dapat terhindar dari situs-situs yang berbahaya untuk anda buka.

Itulah langkah-langkah yang saya sarankan untuk anda, cegahlah virus sebelum virus tersebut merajalela di komputer anda. jangan melupakan atau mengabaikan hal-hal yang sangat penting, walau hal itu nampaknya ringan tetapi mempunyai arti yang penting,
pertanyaan, sanggahan, kritikan, dan masukkan silahkan di ajukan di kotak komentar.
.
Tags

Tag Terpopuler