Cara Mengecek Power Supply Apakah Hidup Atau Mati

Unknown | 09:35 | |

Power supply ialah suatu komponen komputer yang sangat inti bagi komputer, power supply memiliki fungsinya sebagai peenyalur arus listrik keseluruh komponen komputer agar dapat berjalan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana mengecek power supply apakah ia masih hidup atau sudah mati. Hal ini diharapkan dapat membentu anda dirumah untuk menyelesaikan atau menemukan masalah yang terjadi pada komputer. Seringkali kita beranggapan setiap komputer yang mati total itu diakibatkan oleh power supply yang tidak berfungsi lagi, tetapi itu semua belum tentu, karna bisa jadi mungkin mainboard anda yang mati. Baiklah langsung saja kita ikuti langkah berikut.

Pertama, coba anda lepas power supply dari komputer, semua kabel dilepas hingga tidak ada yang tersisa. Kemudian sediakan satu kabel yang mungkin memiliki panjang 10 sampai 12 Cm. Kupas ujung-ujung kabel berikut hingga kelihatan Kuningannya.

Kedua, silahkan anda ambil kabel power supply yang memiliki banyak rangkaian atau yang disebut dengan ATX 24 pin connector. Jika sudah jumpa, silahkan anda masukkan masing-masing ujung kabel yang telah kita kupas tadi ke lubang yang memiliki kabel warna HIJAU, dan HITAM yang ( warna hitam yang berada disebelah kabel warna hijau ). perhatikan gambar berikut.



Nah, ikuti seperti gambar tersebut, jika kabel sudah anda masukkan, kemudian silahkan anda hidupkan power supply dengan memasang kabel power ke listrik anda tanpa menyambungkannya ke komputer.

KETERANGAN:
Jika kipas powersupply anda hidup maka bisa dipastikan power supply anda baik baik saja, dan jika kipas itu tidak hidup maka power supply anda mengalami kerusakan.

Ok sobat, sampai disini cara saya mengecek kondisi power supply. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil buat anda yang mencobanya dirumah.

3 comments:

  1. maaf gan , maksudnya menyambungkan ke listrik itu, apakah langsung ke lampu/bohlam/neon, atau ke jalur listrik/kabel yg berisi strum listrik, misal stop kontak...

    ReplyDelete
  2. maaf gan , maksudnya menyambungkan ke listrik itu, apakah langsung ke lampu/bohlam/neon, atau ke jalur listrik/kabel yg berisi strum listrik, misal stop kontak...

    ReplyDelete
  3. Thanks a lot for sharing us about this update. Hope you will not get tired on making posts as informative as this. Lenovo Power Supply

    ReplyDelete