Menyembunyikan Local Disk Menggunakan Command Prompt

Unknown
Taukah anda bagaimana cara mengamankan data dikomputer ? Dan pentingkah semua itu untuk kita lakukan ? . Menyimpan data sangatlah diperlukan demi melindungi seluruh data yang kita punya dari ancaman orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Menyimpan data kini sudah sangat gampang, dengan menggunakan software kita mampu menyimpan data dengan aman.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana menyimpan data anda tidak menggunakan software. Kita akan melindungi Local Disk dengan cara sederhana. Local Disk adalah salah satu bagian dari harddisk yang digunakan untuk menyimpan data, kita dapat mengamankannya dengan cara me-hidden local disk tersebut, Bagaimana caranya ??

Dengan menggunakan perintah Command Prompt (cmd), kita mampu menghilangkan local disk tersebut hingga tidak ada seseorangpun yang tau. Baiklah langsung saja kita mulai caranya :

1. Silahkan pilih menu Start, kemudian ketikkan "CMD" (tanpa ada tanda kutip) pada kolom pencarian . Jika sudah jumpa , maka silahkan buka CMD.



2. Jika sudah muncul kotak CMD, maka silahkan anda ketikkan perintah diskpart kemudian Enter, jika diminta konfigurasi, silahkan pilih Yes/ok. Maka akan muncul kotak CMD baru, pada kotak CMD yang baru, silahkan ketikkan perintah list volume kemudian Enter, perintah ini berfungsi untuk menampilkan seluruh local disk anda.



3. Jika sudah muncul semua localdisk anda, sekarang kita akan memilih local disk yang akan kita hidden, misalnya saya akan menyembunyikan local disk D, maka silahkan ketikkan perintah select volume 3 kemudian Enter, Mengapa 3 ?? karna Local disk D berada pada urutan nomor 3, jika anda ingin me-hidden local disk F, maka anda ketikkan perintah select volume 4. Ok sampai sini anda mengerti ?? Jika ia kita lanjutkan kembali.



4. Nah, setelah kita memilih Local disk yang akan kita hidden, sekarang saatnya melakukan perintah hidden pada Local disk yang telah dipilih, ketikkan perintah remove letter D kemudian Enter, Jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan "diskpart successfully removed the drive letter or mount point".


5. Sekarang Lihatlah localdisk yang telah anda hidden, maka secara otomatis Local disk tersebut akan hilang.


BAGAIMANA MEMUNCULKAN LOCALDISK YANG TELAH TER-HIDDENT ?? 

Di sini anda pasti bertanya-tanya, kita akan mengganti perinta "Remove" menjadi "Assign", jadi perintah yang harus ditulis ialah assign letter D , maka dengan perintah ini anda depat memunculkan Local Disk yang telah terhidden.



Cukup mudah kan tutorial tersebut, selamat mencoba dan semoga sukses, silahkan pertanyakan jika anda menemukan masalah.
.

Tag Terpopuler