Cara Configurasi Router

Unknown
Sekarang kita membicarakan sedikit informasi tentang Router, apa yang di maksud dengan router ?? Dan apa fungsinya dalam jaringan ??

Router adalah suatu perangkat jaringan yang berfungsi membagi protocol kepada jaringan lainnya. Maka dengan Router ini, protocol dapat kita bagi dan sharing kepada perangkat jaringan lainnya. Nah, sekarang apa fungsinya ?? Fungsi Router bukan hanya satu sebagaimana yang telah saya sebutkan pada pengertian di atas, Router dapat berfungsi juga sebagai Alat yang mampu menstransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya. Sistem kerja ini hampir sama dengan  BRIDGE. Bukan hanya itu saja, menghubungkan jaringan local kesebuah ke koneksi DSL .

Baiklah langsung saja untuk anda yang sedang ingin memasang sebuah jaringan menggunakan router, berikut ini saya akan menjelaskan cara configurasi atau menyetting router dengan gampang :

Pertama, hubungkan Modem ,  TP-Link router, Notebook/PC dalam kondisi mati, seperti sketsa gambar berikut:




Kita akan configurasi router menggunakan cara Web browser, cara ini telah umum dan dianggap lebih mudah.

Pertama, Untuk bisa setting routernya, sebelumnya kita harus menyamakan IP Address laptop atau komputer yang akan kita pergunakan untuk mensetting dengan segment IP default Router (untuk TP-Link sebagian besar IP defaulnya adalah 192.168.1.1), jadi IP  laptop atau komputer   kita set 192.168.1.69 (IP Address tidak boleh sama dengan Device yang akan di setting karna nantinya akan bentrok).

Kedua, Buka Web browser baik menggunakan internet explorer mozilla, Google chrome, atau sebagainya. ketikkan IP addres 192.168.1.1 kemudian Enter.

Ketiga, Muncul kotak masuk untuk configurasi router. Masukkan :
User name : admin
Password : admin



Keempat, Setelah masuk di web Administrasi router TP-Link, saya sarankan untuk mengganti IP default  router/TP-Linknya, modem ADSL menggunakan default IP yaitu 192.168.1.1 .Kemudian Masuk ke menu: Network LAN ganti IP Address TP-Linknya, ubahlah IP yang berbeda, menjadi: 192.168.2.1 dan Subnet Mask: 255.255.255.0. Kemudian Save..



Kelima, ganti password defaultnya dengan cara memilih menu: System Tools kemudian Password.  Selain ada pilihan mengganti password, username defaultnya di ganti juga. Kemudian restar TP link dengan cara memilih System Tools kemudian Reboot.

Keenam, ketikkan ke alamat web browser dengan alamat IP yang baru saja kita buat 192.168.2.1 dan masukkan juga user name dan password anda tadi.

Ketujuh, Setelah masuk ke halaman administrator, pilih menu: Quick Setup dan ikuti langkah selanjutnya dengan menekan tombol next. kemudian Pada saat Choose WAN Connection Type, pilih Dynamic IP; klik tombol next.

Gambar Pada Halaman Wireless :



Penjelasan : 

1. Wireless Radio : Enable
2. SSID : isi dengan nama ID yang akan di broadcast pada saat signal WiFi
3. Region : Indonesia
4. Channel : Disesuaikan, pastikan menggunakan Channel yang belum di pergunakan.
5. Mode : 54Mbps (802.11g)

Setelah klik next, dan kemudian finish.

Kedelapan, setting Gateaway & DNS nya kita sesuaikan dengan setting ADSL Modem, masuk ke menu: Network kemudian WAN.

1. Klik Renew pada bagian Gateaway, dan isi dengan IP Modem:192.168.1.1
2. checklist bagian Use These DNS Server
3. Primary DNS: 203.130.196.5
4. Secondary DNS: 202.134.0.155
5. Save

Setelah di save, setting untuk security routernya, agar tidak bisa digunakan oleh siap saja dengan memilih menu Wireless kemudian Wireless Setting, Beberapa setting sudah dipilih sesuai dengan setting sebelumnya.

Penjelasan : 


1. Klik Enable Wireless Security
2. Security Type : WEP
3. Security Option : Automatic
4. WEP Key Format : Hexadecimal
5. Key1: 1234567890 (bisa di ganti); Key Type: 64bit
6. Save

Sampai tahapan ini, router anda telah dapat di gunakan, tetapi anda harus reboot terlebih dahulu, pilih System Tools kemudian Reboot. Setelah di restar, Cabut kabel LAN dari laptop atau komputer dan aktifkan WiFi nya, coba untuk search WiFi (SSID) router dan masukkan WEP yang telah di set pada saat melakukan koneksi ke router.

Hal yang harus di perhatikan jika mengalami masalah ialah, Cek terlebih dahulu kabel yang anda gunakan, apakah kabel tersebut masih berfungsi atau tidak. karna kabel berfungsi penting dalam penghubungan semua koneksi jaringan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.. Jika terjadi masalah silahkan di tanyakan.
.
Tags

Tag Terpopuler