Instalasi Sistem Oprasi Menggunakan Flashdisk

Unknown | 22:17 |


Berbagi ilmu adalah hal yang paling menyenangkan, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstal windows atau sistem oprasi menggunakan Falash disk. banyak orang beranggapan bahwa sangat sulit menginstal sispem oprasi pada komputer / laptop yang tidak memiliki DVD room. mereka beranggapan bahwa sistem oprasi hanya dapat di instal menggunakan kepingan DVD, ternyata anggapan itu tidak benar, taknologi yang semakin canggih membawa kita sampai mengetahui cara ini, Sebelumnya untuk membuat cara ini, anda harus menggunakan komputer atau laptop yang mempunyai DVD room Pinjamlah Laptop atau komputer yang mempunyai DVD room kepada temanmu atau orang yang anda kenal.baiklah langsung saja saya jelaskan langkah-langkahnya.

Pertama kita harus siapkan Flashdisk yang nantinya akan di gunakan.

KETERANGAN
  • Flashdisk 2 GB untuk windows XP dan linux
  • Flashdisk 4 sampai 8 GB untuk windows 7 dan vista
Setelah Flashdisk Disiapkan, maka siapkan software yang akan di gunakan untuk memasukkan sistem oprasi ke dalam flashdisk, nama software ini adalah wintoflash, program ini sangat kecil dan berbentuk portable, sehingga tidak terlalu berat untuk komputer anda, langsung saja di download filnya

Klik Di sini untuk download

Setalah anda download, massukkan Flashdisk yang telah di format, masukkan juga DVD sistem operasi anda dan Buka Wintoflash-nya.. nanti akan muncul kotak peringatan dan anda klik ok dan accept saja.,, kemudian muncul kotak wizart seperti pada gambar dan klik saja next,



Setalah klik next kemudian muncul bacaan " windows file path" itu berarti anda harus menekan select dan mencari di mana DVD windows berada, misalnya di drive "D". Dan "USB drive" berarti anda harus menekan select untuk mencari di mana Flashdisk yang anda ingin gunakan. Kemudian muncul lagi kotak lisensi sistem oprasi yang anda gunakan, klik " I accepted " kemudian "continue" .



Setalah klik continue maka akan muncul kotak warning yang berisikan kata kata "bersediakah flashdisk anda kami format untuk melanjutkan proses ini" maka anda klik saja ok untuk meneruskan proses.

NOTICE : Jangan sekali kali anda cencel saat proses berjalan, hal ini dapat menyebabkan file yang ada dalam flashdisk rusak

Inilah tampilan saat proses sedang berjalan :



Setalah menunggu kira-kira 15 menit, maka proses akan selesai dan muncul kotak pemberitahuan, maka klik next dan Exit, maka siaplah semua langkah-langkah memasukkan sistem oprasi ke dalam flashdisk, sekarang flashdisk anda siap di gunaka untuk laptop anda, Dan sekedar info saja buat anda semua, nanti pada saat pemilihan booting di BIOS anda harus memilih "booting USB DRIVE/ USB generic" ya.. karna kita menggunakan USB flashdisk dalam penginstalan OS ini..

semoga berhasil dan bermanfaat, tanyakan pertanyaan yang mungkin ingin anda sampaikan, saya siap membantu dan selalu menghargai komentar anda.
.

1 comment:

  1. bisakah flash disk berfungsi sebagai 'komputer' mini, ada sistem operasi, ada aplikasi, ada anti virus, dsb., jadi kalau ke warnet tinggal tancap aja... terimakasih.

    ReplyDelete