Bagaimana Cara Merawat Batrai Laptop

Unknown | 15:53 |


Banyak cara kita menjaga laptop supaya dalam keadaan baik dan tidak terjadi masalah. salah satunya ialah dengan menjaga batrai laptop agar tidak cepat rusak. batrai sangatlah mudah rusak karna di lihat dari perannya, batrai sangat berperan penting dalam  laptop, jika tidak ada batrai maka laptop tidak dapat di bawa kemana-mana. tentu saja batrai harus di jaga dengan perawatan extra. user harus pandai pandai mencari cara dan harus tau cara-cara apa saja yang harus di lakukan dalam perawatan laptop ini, dalam kesempatan hari ini saya akan menjelaskan bagaimana cara merawat batrai laptop dengan baik.

Pertama, usahakan jika batrai laptop masih penuh, janganlah anda cas batrai tersebut, hal ini di sebabkan karna pengisian yang berlebihan dapat menyebabkan batrai bocor atau batrai terlalu penuh mengisi energi listrik yang terus di alirkan oleh adaptor anda.

Kedua, Jangan membanting Batrai, jangan menindih batrai dengan benda berat, karena akan rentan terhadap arus pendek/korslet sehingga menyebabkan overheating, komponen dalam batrai dapat saja terganggu dengan adanya benturan keras. terkadang benturan yang keras dapat menyebabkan batrai tidak dapat di gunakan lagi, sayang bukan jika hal yang sangat simple dapat merusaknya.

Ketiga, Jangan mencabut atau melepaskan batrai jika laptop anda hidup, hal ini seringkali di abaikan oleh setiap orang yang terburu-buru ingin mencabut batrai dan menggantinya dengan adaptor. hal ini sangatlah salah karna listrik yang masih mengalir ke batrai jika langsung di putus maka dapat merusak sistem laptop itu sendiri, usahakan matikan terlebih dahulu laptop anda.

Keempat, Isilah batrai jika batrai sudah benar-benar habis, sekurang-kurangnya menyisakan 20% energi, dan jangan biarkan batrai sampai habis total (laptop sampai mati), karna hal ini dapat membuat batrai cepat rusak karna pengisian yang terlalu kosong pada batrai. saat pengecasan usahakan laptop dalam keadaan mati, ini lebih baik daripada laptop dalam keadaan hidup.

Kelima, jika anda sering mematikan dan menghidupkan komputer, lebih baik anda menggunakan sistem sleep atau hibernate. karna tidak baik jika anda sering-sering shut down tetapi dalam selang waktu singkat anda ingin menghidupkannya kembali.

Keenam, Janganlah mengecas menggunakan jenset atau deasel, karna tegangan listrik yang di hasilkan jenset tidak beraturan, batrailah yang pertamakali menerima arus listrik yang masuk. tegangan listrik yang masuk ke batrai dapat menyebabkan konsleting pada komponen batrai, bukan batrai saja, laptop anda juga dapat rusak.

Ketujuh, Lakukanlah Kalibrasi baterai laptop minimal sebulan sekali. Cara kalibrasi adalah pakai baterai laptop yang menyimpan energi kira-kira tersisa 10 – 15%, lalu charge sampe penuh. Hal ini akan menggerakkan seluruh sel-sel yang ada di dalam baterai, sehingga kondisinya selalu prima, dan tetap terjaga perawatannya.

Kedelapan, Batrai jangan sampai terkena air, Walaupun nantinya kering dan bisa dipakai lagi, jamur dan korosi akan menggerogoti fisik baterai itu sendiri. jika hal ini dapat terjadi maka batrai dapat rusak sehingga tidak dapat di gunakan lagi,

itulah cara merawat batrai laptop agar tetap sehat dan tetap dalam kondisi terawat, lihatlah hal-hal yang ada di sekitarmu , cobalah merawatnya agar barang itu menjadi barang yang dapat bernilai guna lebih lama, menjaga barang sesungguhnya akan lebih mudah dari pada menggantinya dengan yang baru.

semoga cara-cara di atas dapat membantu anda mangatasi masalah yang terjadi, berbagilah informasi kepada temanmu dan kerabat yang anda kenal, salam penggunacerdas.
.

2 comments:

  1. trimakasih berguna nih artikelnya ........

    ReplyDelete
  2. Kalo laptop gak mau nyimpen energi gimana mas???

    ReplyDelete