Tips Cerdas Sebelum Berbelanja Online

Unknown | 18:57 |

Saat ini berbelanja bukanlah hal yang harus dilakukan dengan bertatap muka dan langsung melakukan pembayaran didepan mata. Pada era modern seperti saat ini, transaksi jual beli barang sudah bisa dilakukan secara online. Tanpa memperhitungkan waktu, tempat dan biaya untuk mendatangi langsung barang yang kita inginkan. Kita dengan mudah mengunjungi situs yang menawarkan penjualan barang-barang yang kita inginkan. Banyak keuntungan dan kerugian yang akan kita dapatkan pada saat melakukan pembelian online. Kasus yang paling sering terjadi ialah penipuan terhadap pembeli. Buat anda yang ingin melakukan transaksi pembelian barang via online, ada baiknya jika anda membaca ulasan tips berikut.

1. Jangan mudah tertipu terhadap barang yang murah. Terkadang kita menyukai suatu barang bukan karna kualitas dari barang itu, melainkan kita menyukainya karna harga yang terjangkau dan bisa dibilang cukup murah. Hal ini harus diwaspadai karna situs penjualan sengaja menawarkan harga murah agar pembeli tergiur dengan harga yang murah ini. Pastikan kualitas barang yang anda beli sesuai dengan harga pasaran.

2. Batasi Nominal pembelian barang. Ini hanya sebagai saran saya, jika anda sebelumnya belum pernah sekalipun melakukan transaksi online pada situs yang akan anda tuju,  maka jangan melakukan pembelian diatas nominal yang besar. Taruklah target harga yang akan dibeli dibawah Rp.1.000.000,- , jangan membeli diatas harga yang anda targetkan, karna anda belum pernah melakukan transaksi sekalipun kepada situs itu. Modus penipuan akan lebih mudah terjadi jika transaksi yang anda lakukan memiliki nominal yang sangat besar.

3. Berbelanja pada situs yang sudah jelas kebenarannya. Anda bisa bertanya kepada teman yang sudah pernah melakukan transaksi jual beli online. Dimana situs yang terjamin dan tidak akan menipu kita. Anda juga bisa melihat popularitas situs dari pengunjungnya dan berbagai sumber yang menjelaskan bahwa situs itu benar-benar jujur. Seperti contohnya situs berniaga dan tokobagus dan lain sebagainya. itu adalah salah satu situs jual beli yang sudah familiar dan cukup besar. Mungkin situs tersebut bisa anda percaya dan anda minta pertanggungjawaban jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Cari tau secara detail identitas si penjual. Nah, ini ni yang paling penting, anda harus mengenali identitas lengkap sipenjual. Anda bisa meminta nomor HP, alamat FB, twitter, PIN BB dan sebagainya sebagai bukti yang tidak bisa di elakkan lagi. Bersikaplah yang ramah dan sopan, maka ia akan mempercayai anda sebagai pembeli yang baik. Jangan mempercayai langsung jika ia meminta transaksi cepat, telusuri terlebih dahulu bagaimana cara pembayarannya dan bagaimana carapengirimannya, jangan asal main hantap saja jika anda belum pasti dengan jalur transaksi yang ia tawarkan.

5. Jangan tertipu terhadap gambar. yang disajikan Mengapa saya bilang begitu ?? banyak situs penjualan via online menyajikan gambar barang dengan cara editan. Barang yang seken bisa terlihat seperti baru. Mintalah foto atau gambar yang murni tanpa di edit sebelumnya. Kemudian, jangan terfokus hanya 1 gambar saja, mintalah beberapa gambar tentang barang tersebut. Misalnya anda ingin membeli sebuah VGA, mintalah foto dari sisi depan, belakang, kiri, ataupun kanan agar barang jelas terlihat tanpa manipulasi dari penjual.

6. Simpan bukti pembayaran anda. Yang terakhir ialah simpan segala bukti pembayaran barang anda. Jangan sampai hilang sebelum barang sampai ditangan anda. Itu adalah salah satu bukti yang bisa membantu anda jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan.

Itulah 6 tips yang harus anda perhatikan saat melakukan pembelian via online. Semoga tips diatas bermanfaat untuk anda.

1 comment:

  1. bener tu gan, saya liat smua produk difoto kelihatannya bagus, sekali liat secara lngsung biasa-biasa aja.

    ReplyDelete