Panduan Lengkap Instalasi Windows 8 Final

Unknown | 21:24 |

Pada artikel sebelumnya, saya telah menjelaskan bagaimana instalasi windows 8 preview. Sekarang saya akan menjelaskan instalasi windows 8 yang Final, Caranya memang hampir sama, tetapi agar lebih jelas dan tidak bingung, saya akan menjelaskan secara detail instalasi keduanya. Baiklah tanpa banyak bicara lagi, saya akan langsung menjelaskannya kepada anda.

Seperti biasanya, sebelum anda melakukan instalasi, silahkan atur settingan BIOS yang ada pada komputer anda, jika anda belum mengetahuinya, silahkan lihat Di Sini .

Setelah melakukan setting terhadap BIOS, sekarangsilahkan masukkan kepingan DVD instalasi windows 8 kedalam komputer anda. Tunggu sampai proses berjalan dan memunculkan logo screen windows.



Kemudian , silahkan anda isi 3 kolom berikut dengan :
  • Language to install  : English ( United States )
  • Time and currency format : English ( United States )
  • Keyboard and input method : US
Kemudian silahkan anda menekan NEXT .



Selanjutnya Klik tombol " Install Now " untuk memulai proses instalasi.



Sekarang, silahkan anda masukkan Serial number windows yang anda punya. Setelah memasukkan serial number, sekarang pilih NEXT .



Di sini anda diminta untuk membaca persyaratan lisensi windows, centang tulisan " I accept the license terms " , kemudian NEXT .



Selanjutnya silahkan anda memilih " Custom install windows only (advanced) ".



Pada tampilan ini, anda diminta untuk menempatkan instalasi. Disini kita bisa membagi partisi dalam beberapa bagian agar mudah memisahkan yang mana tempat instalasi windows dan yang mana tempat penyimpanan data. Silahkan pilih " Drive Options (Advanced) .



Buatlah partisi baru dengan menekan tulisan " New " .



Setelah memilih untuk membuat partisi baru, sekarang silahkan anda memasukkan size yang akan diberikan untuk penginstalasn, windows 8 setidaknya membutuhkan 10 GB ruang kosong untuk penginstalasn, jika anda ingin menginstal aplikasi lainnya, setidaknya ada harus membuat size sebesar 30 GB, disini saya membuat 25 GB untuk penginstalan. Klik Apply , Sesudah memilih apply nanti anda akan diminta konfirmasi, silahkan menekan OK.



Sekarang kita memiliki 2 partisi. Format kedua partisi tersebut dengan menekan tulisan " Format ". Jika sudah di format, pilih partisi 25 GB kemudian NEXT .



Biarkan proses instalasi berjalan.



Jika proses instalasi selesai, ia akan melakukan restart secara otomatis, tunggulah beberapa saat hingga layar hitam berlogo windows muncul.



Sekarang, pilihlah warna background anda, sesuaikan dengan keinginan anda sendiri, kemudian NEXT .



Sampai disini, saya akan memberikan sedikit penjelasan, jika anda melakukan instalasi menggunakan kartu jaringan atau nirkabel, Anda akan diminta untuk memilih jaringan yang akan anda gunakan untuk menghubungkan atau memasukkan password yang sesuai untuk koneksi ke jaringan wifi. Sekarang kita tidak perlu menggunakan settingan express, pilihlah " Customize " .



Disini anda diwajibkan memilih untuk mengaktifkan file sharing atau tidak, disini saya memilih Yes .



Anda akan ditanya untuk melakukan pengaturan yang diinginkan pada Windows update, dan fitur keamanan seperti Smartscreen Filter, Seuaikan dengan keinginan masing-masing, kemudian NEXT.



Silahkan anda melakukan settingan yang ada, sesuaikan dengan keinginan anda, selanjutnya pilih NEXT.



Selanjutnya anda akan diminta untuk melakukan settingan jika anda ingin melaporkan segala permasalahan secara online, disini settingan sesuaikan dengan keinginan anda. Kemudian NEXT.



Anda sampai ke layar “Sign in to your PC“. Tampilan ini dikenal sebagai Windows Live ID, akun email hotmail untuk sign in Ketik akun Microsoft, Jika Anda lebih suka tidak masuk menggunakan akun Microsoft, klik link “Sign in without a Microsoft account” di bagian bawah jendela dan ikuti petunjuk yang ditunjukkan oleh setup wizard dan klik Next.



Karna saya mencoba masuk menggunakan akun microsoft, saya selanjutnya mengisi kolom password dan memilih menu NEXT .



Silahkan menunggu beberapa saat untuk melakukan beberapa pengaturan.



Akan muncul tampilan tutorial singkat tentang cara mengakses bar pesona baru Charm Bar, salah satu perubahan yang paling penting dalam Windows 8. Saya sarankan agar Anda memperhatikan petunjuk yang ditampilkan pada langkah ini.



Pada tampilan ini, anda akan diberikan beberapa informasi tentang windows 8. Tunggu beberapa saat.



Dan... Inilah tampilan start screen pada windows 8 anda. Sampai disini proses intalasi sudah selesai, anda dapat menggunakan windows secara keseluruhan.



Sekian panduan lengkap dari saya, semoga bermanfaat, selamat , menikmati windows baru anda.

6 comments: