Mengapa Komputer Saya Tidak Bisa Bermain Game

Unknown
Game sudah dikenal sejak lama, game sebagai sarana hiburan sangat diminati kalangan anak anak maupun dewasa. Game saat ini sudah banyak jenis, dan berbagai macam bentuk yang bisa kita mainkan, dari mulai game Action, adventure, horror, fun, sex dan sebagainya. Komputer ialah salah satu alat yang saat ini banyak digunakan untuk bermain game. Dahulu Komputer dibuat hanya untuk kebutuhan kerja saja, tetapi sekarang, berkat kemajuan teknologi komputer sudah bisa mencakup segala hal. Game bukan sekedar hiburan, kini game sudah menjadi hobi untuk para gamer.

Tidak semua komputer bisa memainkan game secara berlebihan, mengingat setiap komputer memiliki spesifikasi yang berbeda, ada yang rendah dan ada yang tinggi. Spesifikasi komputer sangat berpengaruh pada kinerja komputer itu sendiri. Kali ini saya akan menjelaskan mengapa komputer kita seringkali tidak bisa memainkan game yang mungkin cukup bagus . Mungkin anda merasa jengkel jika hal tersebut terjadi pada anda. Sebelum anda jengkel kepada komputer, ada baiknya jika anda melihat hal-hal dibawah ini sebagai jawaban atas kejengkelan anda :)

Pertama Lihat Spesifikasi komputer anda, Spesifikasi adalah prioritas penting untuk memastikan komputer anda sanggup atau tidak untuk memainkan game yang bagus, ada 4 komponen yang harus diperhatikan untuk menjadikan komputer anda tangguh dalam bermain game:

1. VGA , apa peran penting dari VGA ?? VGA Card berfungsi mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis VGA sangat berperan penting dalam penayangan gambar, mengingat game sangat membutuhkan tampilan gambar yang bagus. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya. Jadi VGA adalah komponen yang terpenting dalam komputer jika anda hobi bermain game

2. Prosesor ,Prosesor adalah kebutuhan kedua setelah VGA, prosesor berperan dalam menjalankan semua perintah pemrograman, jika prosesor kita lambat, otomatis kinerja saat bermain game juga melambat. Ada 2 merk terkenal pada prosesor. Intel Dan AMD, Jika anda hobi dalam bermain game dan seorang design yang menggunakan software grafik tinggi, maka sangat disarankan memilih prosesor jenis AMD.

3. RAM, sudah mengenal dengan komponen ini bukan ?? RAM dapat berfungsi sebagai memory cadangan, RAM juga ikut membantu kinerja dari VGA. Semakin besar kapasitas RAM , maka semakin baik pula kinerja komputer anda. Jadi pastikan RAM anda memiliki kapasitas yang besar, minimal 2 GB dalam 1 komputer.

4. Harddisk, Harddisk adalah alat sebagai tempat atau wadah penyimpanan file kita. Instalasi game yang ada di komputer akan masuk di harddisk, jelas, jika anda banyak menyimpan game, anda harus siap siap membutuhkan harddisk yang mempunyai kapasitas besar. Semakin besar kapasitas harddisk, maka akan lebih bagus.

Kedua, Pastikan Game yang akan anda mainkan support dengan system oprasi yang anda gunakan, Misalnya saja game A meminta system requitments 64bit sedangkan anda memiliki system 32bit. Inilah salah satu hal yang mungkin kita lupakan karna terburu buru ingin update Misi terbaru dari game tersebut. :) Lihat system requitments dari game itu, pastikan game itu bisa masuk dikomputer anda.

Ketiga, Pastikan support software atau aplikasi pendukung. Game biasanya ada yang meminta software pendukung sebagai pelengkap untuk menjalankan system yang ada pada game itu, seperti halnya net framework, beberapa game tidak mau di instal karna belum tersedianya net framework di komputer kita. Lihat selengkapnya tentang Software apa saja yang harus ada di komputer.

Mungkin Ketiga aspek penting itu sudah cukup untuk memberi kepastian dari masalah komputer anda yang tidak support oleh game game bagus. Aspek pertama ialah aspek terpenting dan harus anda perhatikan dengan jelas. Jika anda ada masukan atau mungkin anda menemukan kejanggalan lainnya yang ada di komputer sehingga komputer tersebut tidak bisa untuk di mainkan game, silahkan ditanyakan kepada saya, mungkin jika ada informasi baru, saya akan update artikel ini.
,
Tags

Tag Terpopuler