Mengapa Komputer Saya Tidak Bisa Bermain Game

Unknown | 17:49 |

Game sudah dikenal sejak lama, game sebagai sarana hiburan sangat diminati kalangan anak anak maupun dewasa. Game saat ini sudah banyak jenis, dan berbagai macam bentuk yang bisa kita mainkan, dari mulai game Action, adventure, horror, fun, sex dan sebagainya. Komputer ialah salah satu alat yang saat ini banyak digunakan untuk bermain game. Dahulu Komputer dibuat hanya untuk kebutuhan kerja saja, tetapi sekarang, berkat kemajuan teknologi komputer sudah bisa mencakup segala hal. Game bukan sekedar hiburan, kini game sudah menjadi hobi untuk para gamer.

Tidak semua komputer bisa memainkan game secara berlebihan, mengingat setiap komputer memiliki spesifikasi yang berbeda, ada yang rendah dan ada yang tinggi. Spesifikasi komputer sangat berpengaruh pada kinerja komputer itu sendiri. Kali ini saya akan menjelaskan mengapa komputer kita seringkali tidak bisa memainkan game yang mungkin cukup bagus . Mungkin anda merasa jengkel jika hal tersebut terjadi pada anda. Sebelum anda jengkel kepada komputer, ada baiknya jika anda melihat hal-hal dibawah ini sebagai jawaban atas kejengkelan anda :)

Pertama Lihat Spesifikasi komputer anda, Spesifikasi adalah prioritas penting untuk memastikan komputer anda sanggup atau tidak untuk memainkan game yang bagus, ada 4 komponen yang harus diperhatikan untuk menjadikan komputer anda tangguh dalam bermain game:

1. VGA , apa peran penting dari VGA ?? VGA Card berfungsi mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis VGA sangat berperan penting dalam penayangan gambar, mengingat game sangat membutuhkan tampilan gambar yang bagus. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya. Jadi VGA adalah komponen yang terpenting dalam komputer jika anda hobi bermain game

2. Prosesor ,Prosesor adalah kebutuhan kedua setelah VGA, prosesor berperan dalam menjalankan semua perintah pemrograman, jika prosesor kita lambat, otomatis kinerja saat bermain game juga melambat. Ada 2 merk terkenal pada prosesor. Intel Dan AMD, Jika anda hobi dalam bermain game dan seorang design yang menggunakan software grafik tinggi, maka sangat disarankan memilih prosesor jenis AMD.

3. RAM, sudah mengenal dengan komponen ini bukan ?? RAM dapat berfungsi sebagai memory cadangan, RAM juga ikut membantu kinerja dari VGA. Semakin besar kapasitas RAM , maka semakin baik pula kinerja komputer anda. Jadi pastikan RAM anda memiliki kapasitas yang besar, minimal 2 GB dalam 1 komputer.

4. Harddisk, Harddisk adalah alat sebagai tempat atau wadah penyimpanan file kita. Instalasi game yang ada di komputer akan masuk di harddisk, jelas, jika anda banyak menyimpan game, anda harus siap siap membutuhkan harddisk yang mempunyai kapasitas besar. Semakin besar kapasitas harddisk, maka akan lebih bagus.

Kedua, Pastikan Game yang akan anda mainkan support dengan system oprasi yang anda gunakan, Misalnya saja game A meminta system requitments 64bit sedangkan anda memiliki system 32bit. Inilah salah satu hal yang mungkin kita lupakan karna terburu buru ingin update Misi terbaru dari game tersebut. :) Lihat system requitments dari game itu, pastikan game itu bisa masuk dikomputer anda.

Ketiga, Pastikan support software atau aplikasi pendukung. Game biasanya ada yang meminta software pendukung sebagai pelengkap untuk menjalankan system yang ada pada game itu, seperti halnya net framework, beberapa game tidak mau di instal karna belum tersedianya net framework di komputer kita. Lihat selengkapnya tentang Software apa saja yang harus ada di komputer.

Mungkin Ketiga aspek penting itu sudah cukup untuk memberi kepastian dari masalah komputer anda yang tidak support oleh game game bagus. Aspek pertama ialah aspek terpenting dan harus anda perhatikan dengan jelas. Jika anda ada masukan atau mungkin anda menemukan kejanggalan lainnya yang ada di komputer sehingga komputer tersebut tidak bisa untuk di mainkan game, silahkan ditanyakan kepada saya, mungkin jika ada informasi baru, saya akan update artikel ini.
,

34 comments:

  1. faktor terpenting dari komputer agar bs maen gme adlah VGA.
    VGA sngat pntng krna ud d dsain buat ngjalanin gme

    ReplyDelete
  2. dulu wkt bego begonya saya, maen game PES gk bsa jlan kirain kom saya yg rusak. rupanya kom saya g ad VGA :D
    nice info gan

    ReplyDelete
  3. bang, sy bngung dan takut ditipu nih....
    sebelum instal ulang windows banyak game yg bisa saya maenin lancar2 aja, tpi setelah instal ulang, rata2 game yg dulu bisa dimainin erorr, dan semuanya ngasih peringatan vga saya gak support, apa sebabnya dan cara menyelesaikannya tolong ksih tw ya... kirim ke email saya aja, oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang, masalah saya sama sebelum instal ulang windows banyak game yg bisa saya maenin lancar2 aja, tpi setelah instal ulang, rata2 game yg dulu bisa dimainin erorr, dan semuanya ngasih peringatan vga saya gak support, apa sebabnya dan cara menyelesaikannya tolong ksih tw ya... kirim ke email saya aja, oke

      Delete
  4. bang, sy bngung dan takut ditipu nih....
    sebelum instal ulang windows banyak game yg bisa saya maenin lancar2 aja, tpi setelah instal ulang, rata2 game yg dulu bisa dimainin erorr, dan semuanya ngasih peringatan unable to create D3D device,please install latest video card driver, apa sebabnya dan cara menyelesaikannya tolong ksih tw ya..buat info sblumnya saya make windows exp..skrg stlah instal ulang memakai windows 7..makasi bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry mencopy sbagian kata" agan "aku saya"..coz problemnya hampir mirip ^_^

      Delete
    2. gan, masalah gua sama persis ini..
      waktu sebelum d instal laptopnya aman" aja,
      pas d instal malah katanya VRAM not available,
      laptop ku acer slim, yang memori 4 GB.. tipe, V-5 431

      aq instal pes kmaren lancar" aja tp pas sekarang ku cek seting yg bagian Vram gak ada katanya.. ?
      mohon solusi gan

      Delete
  5. bang, saya bingung ini, laptop saya RAM nya 4GB VGA Intel HD GRaphics Processor Intel Pentium B950 2.1 Ghz.
    Tapi buat main game ndak bisa sama sekali (kecuali game bawaan windows), padahal laptop saya yg spec nya lebih kecil bisa buat main game ..
    Tolong bantuannya terima kasih
    send to mail :
    bunayam@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  6. bang gue mau tanya kenapa gue ga bisa main game... dulu waktu sebelum install ulang windows 7 itu ga ada permasalahan habis itu saya instal ulang lagi kok gk bisa di buka... padahal sama windows 7 nye.... gue nginstal ulang windows 7 karena dulu ada virus nya ... gimana nih?

    tolong kirim ke email saya : rasyidcrasher@gmail.com

    ReplyDelete
  7. gan, klo wkt muter film di laptop tidak ada gambar, tp ada suara aja gmn tuh?

    ReplyDelete
  8. Gan saya pengen nanya nih..
    Saya udah menginstal Far Cry 3 disaat saya ingin memulai game nya tiba2 keluar sendiri itu gimana ya gan ?? O_o padahal udh saya setting low
    Spesifikasi :
    win 7 Home Basic
    2Gb of RAM
    Prosessor i3 2.26 Ghz
    Vga Intel HD Grapich

    tolong yg tau jawab gan

    Thanks

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. kalau processor ngaruh gak???

    ReplyDelete
  11. permasalahan saya adalah mengapa pada saat saya instal game di komputer yang baru di instal tidak bekerja game nya kira2 apa masalahnya pada hal sebelum komp nya di instal ulang game nya bekerja dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara ngecek driver VGA nya uda diinstal atau belom gimana gan ?

      Delete
  12. O gitu VGA terdapat di mana dan ROMnya dimana? processornya dimana ?

    ReplyDelete
  13. komputer ane ga nyala setelah instal game CS tapi kipasnya hidup cuman ga ada tampilan di layar...tulung gan...

    ReplyDelete
  14. Tanya Gan, main game Empire Earth di Acer V5-431 Win7 ada bagian yang gak nampak, bergaris garis dan lama-lama nutupi layar padahal main game Empire Earth II lancar2 aja. Kira2 napa tuh, Gan? Mhn pencerahannya.

    ReplyDelete
  15. PAKET INSTAL ULANG
    OS WINDOWS [ XP, 7, 8 , 8.1,
    VISTA ] & AKTIVATOR PERMANEN
    BESERTA SOFTWARE- SOFTWARE
    YANG LENGKAP , TERBARU &
    TERUPDATE.

    kunjungi: sl-
    computer.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. mas, tolong bantuin saya..
    sbelum instal ulang pas main game lancar2 aja, dan stelah instal ulang game nya gak bisa di jalankan..

    type computer laptopnya
    MS Win-7 ultimate 32-bit, processor nya AMD E1-1200 APU with Radeon HD Graphics, 2,0 GB RAM, VGA: Standard VGA Graphis Adapter..

    tolong kirim jawaban nya ke Faizfirdauz101@yahoo.com Mas

    ReplyDelete
  17. Gan, laptop saya intel core i5, VGA NVIDIA Geforce 820 4GB, RAM 4GB, Windows 8.1 Pro. Tapi buat main game heroes of might and magic 6, counter strike zero & empire earth 2 tidak jalan.
    Saat akan main heroes of might magic 6, hanya muncul splash screen dan kursor mutar lama..tidak bisa masuk ke game-nya. Saat akan main empire earth 2, setelah splash screen malah langsung balik lagi ke tampilan desktop. Lalu saat akan main counterstrike zero, hanya suara saja yang muncul...tampilan hitam. Apa ya masalahnya? Apa VGA nya tidak compatible?

    ReplyDelete
  18. Gan saya maen Dragon Nest kok gk bisa,
    Keluarnya:unable to create d3d device

    ReplyDelete
  19. gan pertama notebook saya bisa main game 3d. tapi adik saya instal program yang saya tidak tahu. pas saya main game 3d yang biasa saya main ternyata tidak bisa gan. tolong dong solusinya gan

    ReplyDelete
  20. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll
    Bagaimana dengan biayanya ?

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

    ReplyDelete
  21. Gan kalo komp saya kenapa yya kalo didiemin tiba2 kaya ngelajanin sesuatu berat padahal didiemin doang trus langsung panas, tapi kalo saya gerakin mos atau ngetik lainnya jadi biasa lagi, tolong bantu gan email saya m.fahmi1992@gmail.com

    ReplyDelete
  22. GAn saya boleh tanya kenapa game di laptop saya tidak bisa dibuka / berhenti bekerja padahal laptop saya mendukung buat game ,core i3 dan NVIDIA

    ReplyDelete
  23. gw udah menuhin semuanya, tapi gak bisa :'( padahal Spek Komputernya Melebih Rata-Rata..

    ReplyDelete
  24. baru tau saya jangan lupa kunjungi blog saya

    http://hilirsoft.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  25. gan udah instal tapi pas dibuka gaada layarnya, cuman kecil dipojokan , itu gimana gan? tolong saya gan..

    ReplyDelete
  26. bang kok laptop aku tidak bisa main padahal dulu bisa buat main tapi gara gara lupa pasword di instal ulang kok tidak bisa buat main solusinya donkkk standart vga grafik adapter

    ReplyDelete