Setting BIOS Untuk Mengatur Boot Device

Unknown | 16:01 |

Hallo semua, sebelum kita mulai, yuk kunjungi youtube si penulis untuk melihat update filter foto. Check disini (simple pro)

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menyetting BIOS pada komputer atau laptop anda.
BIOS berfungsi sebagai system dasar pada suatu komputer. BIOS di gunakan untuk settingan waktu, dan settingan Booting device.
Menurut Wikipedia BIOS ialah :

BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

Maka Dalam penjelasan ini, saya lebih mengarah kepada settingan booting untuk keperluan instalasi windows menggunakan kepingan DVD ataupun CD. Settingan ini biasanya di gunakan untuk melakukan instalasi Windows.

Baiklah langsung saja saya mulai langkah-langkahnya.
Kita akan menyetting BIOS untuk memastikan bahwa booting awal akan di mulai pada DVD room anda. Langkah menyettingnya ialah dengan memasuki area BIOS dengan menekan tombol F2 atau DEL , atau F10 pada saat anda menghidupkan komputer ( tombol ini di gunakan sebagai tombol standart ) , jika komputer anda tidak mau memasuki bios dengan tombol-tombol tersebut, maka silahkan sesuaikan merk komputer anda dengan tombolnya. Berikut Penjelasannya :

1. Merk AMI/Award: [Delete] selama boot
2. Merk Toshiba: [Esc] selama boot
3. Merk Toshiba, Phoenix, Model terakhir PS/1 Value Point & 330: [F1] selama boot
4. Merk Compaq: [F10] Ketika kursor berkedip langsung tekan F10
5. Merk Compaq: [F10] ketika tampilan logo muncul
6. Merk NEC: [F2] selama boot
7. Merk Emachine: [Tab] selama boot
8. Merk Dells: tekan tombol reset dua kali
9. Merk Komputer lain yang kurang dikenal: [Ctrl]+[Alt] Dell: [Ctrl]+[Alt]+[Enter]
10. Merk AST Advantage, Award, Tandon: [Ctrl]+[Alt]+[Esc]
11. Merk Zenith, Phoenix: [Ctrl]+[Alt]+[Ins]
12. Merk Phoenix: [Ctrl]+[Alt]+[S]
13. Merk Olivetti PC Pro: [Ctrl]+[Alt]+[Shift]+ Num Pad [Del]
14. Merk Phoenix: [Ctrl]+[S]
15. Merk Tandon 386: [Ctrl]+[Shift]+[Esc]
16. Merk Hewlett-Packard: [F2]
17. Merk Gateway systems menggunakan BIOS Phoenix: [F1]
18. Merk Sony Vaio seri 320: [F2] selama boot
19. Merk IBM thinkpad: [F1]

Jika anda berhasil memasuki BIOS, maka tampilan komputer anda akan seperti ini .


Silahkan pilih menu BOOT , pada taksbar yang di atas layar, Di sana terdapat settingan
1st Boot Device
2nd Boot Device
3rd Boot Device

Tekan Boot 1 dan silahkan ganti Booting HDD menjadi booting DVD room, Dan Ganti juga Boot 2 dengan Booting HDD . Boot 3 silahkan Disable saja.
Ini adalah tampilan BIOS yang lama, jika komputer atau laptop anda model baru, maka BIOS yang di gunakan juga berbeda, tetapi intinya sama saja, mengubah Booting awal ke DVD room komputer. Jika anda kurang faham cara mengganti Booting pada Bios yang baru, Silahkan melihat petunjuk yang ada di bawah BIOS.
Berikut gambar untuk settingan Booting :


Jika sudah selesai mengaturnya, maka silahkan menekan tombol F10 kemudian OK untuk menyimpan data yang telah di rubah.



Settingan telah selesai, tidak membutuhkan waktu lama, komputer anda siap untuk melakukan instalasi melalui DVD .
Selamat mencobanya, dan semoga bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan silahkan di tanyakan.
.

150 comments:

  1. Nah,,gan,,masalah saya,,pas wktu star up,,kana ada tulisan,,

    For atheros pcie ethernet c
    ontroller v2.0.1.9 check cable connection pxe-mof: exiting intel pxe rom, no bootable device -- insert boot disk and press any key,,

    saya ikutin petunjuk di leptop,,menekan F12,,,dan masuk ke menu kaya gambar di atas,,tpi,, saya gk bisa apa2,,jdi gk ngerti,,dan leptop saya,,gk ada DVD instalasi, win7,karena udh tertanam di pc nyah,,apakah masalah saya akan teratasi dengan cara di atas atw ega gan,,duh udah 2,hari gk enak tidur,,mikirin mslh pc ini,,

    ReplyDelete
  2. saya baru membeli netbook asus. sudah coba instal menggunakan bootable fdisk tp gagal. sy cabut hdd-nya dan install melalui pc, berhasil. tp saat dipasangkan kembali ke netbook- nya, selalu restart. akhirnya menggunakan dvd eksternal, masih belum berhasil juga. bios sudah sy ganti 1st bootingnya. apa ada setingan lain di bios selain primary boot!? mohon solusinya. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Gan bisa bantu aku nggak...,
    Cara instal ulang laptop asus gimana??
    Di menu boot aja saya pusing..,

    ReplyDelete
  4. Saya punya notebook hp mini,terus ada masalah dengan BIOS,notebooknya nyala tp ada tulisan terus tekan entar langsung mati bunyi klik bagaimana agar notebook bisa menyala lagi? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  5. LOWWW INSTAL ULANG PADA TABLET ADVAN GMANA GAN CARANYA

    ReplyDelete
  6. gan... klo bios yang Boot nya di hideen atau di kunci gmna cara nya untuk bisa booting ty... mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lepas battrey beberapa saat alu pasang kembali, kemudian hidupkan komputernya

      Delete
  7. gan gimana cara aktifkan sistim modelnya yang invalid....?

    ReplyDelete
  8. gan, ane udh ikutin cara di atas udh setting boot n setelah tekan F10 muncul "selected boot device and press a key..."
    ane tekan tombol apa z trus muncul seperti itu
    mohon pencerahannya. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi waktu saya pencet" gak mau msk gmana yah?

      Delete
  9. sy pnya laptop imb think pad tp kok wkt sy nyalain muncul tulisan eror date times dan tulisan eror mini PC,, lalu sy tekan F1 muncul gambar sesuai diatas stlh itu sy F10 komputer ngerestart tp kok msh tetep ada tlsan eror lg y,,, tlg di bantu donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk brli batrai itu dmn iya,,, kn laptop sy model nya sdh lama bgt iya.... tlg di bantu untuk beli nya biar mudah

      Delete
    2. kira2 di THR ada gak iya ????

      Delete
  10. gan bisa tolong ga..? saya udah masuk bios..tapi tombol laptop nya jadi g berfungsi?

    ReplyDelete
  11. gan mau minta tolong... laptop saya bila dihidupin koq tampilan pertama WINDOWS BOOT MANAGER. gimana cara menghilangkannya pdhl cuma punya 1 window aja loh.. thanks gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, ada 2 pilihan kan....
      cara menghilangkannya gmana..?

      Delete
  12. Gan saya mau tanya kenapa yach komputer saya pakai OS windows xp 2 selalu restar sendiri.. Klo dah ngerestar terus"an di coba lagi ngerestar lgi.. Terus ada tulisan biru tulisan nya system23 gituh..
    Terus aku coba instal ulang pake OS windows xp3 tetep gx bisa.. Ketika masuk stup windows selalu muncul masalah system23 lagi kadang"2 terhenti di setup awal penginstalan.. Mohon bantuan nya gan.. Apa di bios nya atau di hardware nya.

    ReplyDelete
  13. gan mau nanya nih .. gw mau install laptop tp gw pilih menu bootingannya gak ada yang bisa dan biasanya kalo pas tampilan logo laptop nya muncul kan ada tulisan di bawah contoh tekan f2 atau f10 tapi ini cuman ada satu aja gimna gan .. dan contoh gw teken f2, del, f8, f10 gak ada yang bisa masuk ke bootingannya .. gimana solusinya ya gan

    ReplyDelete
  14. Gan mau nanya nih.. Gue coba install ulang laptop tosiba Qosmio F750..yang tadinya menggunakan windows 7 64 bit. nah gue mau ganti dg wndows 7 yg 32 bit sekalian gue partisi. ....setelah sampai di partisi kok semua jadi primary gan ngga' ada yg untuk system dan windowsnya ngga' bisa di install di salah satu drive nya.. kira2 solusinyanya gimana agan2...please!!

    ReplyDelete
  15. Gan Lu kan Ahli Kompu bantu gw y Gan pemecah masalh pada Laptop AXIOO gw.... masalahnya adlh laptop gw sering mati sendiri ciri"nya klo mau mati kursor di geser g bisa tetep dan setelah 1-2 detik kursor di geser g bisa mati gan/aku liat klo CPU usage 100% selama 5 detik dan g turun mati knpa ya ada ap y gan tolong bantuanya... tahnk...

    ReplyDelete
  16. gan saya mau nanya... saya instal komputer PC DualeCore koq gk kbaca yah,, pdahal settingan BIOS nya sudah benar,, CD ROOM n HDD juga sudah terdeteksi,, tu saya baru beli hardisk baru,, n hardisk sama CD ROOM nya pakai sata semua,, gmn gan,, bisa bantu ane ggk??? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang gk kebaca itu apaan nya gan..
      sekedar info.terima jasa penyervice

      Delete
  17. Gan, bantu ane,,
    Ane pake dvdroom eksternall, ane udah setting biosnya,, ane tekan del, » advanced setup »
    1st boot device udah ane ganti usb cd room
    2nd boot device ane ganti cd room
    3rd boot device ane d disabled

    Trus F10 buat save, ane pilih Y

    Nah abis itu searching boot nya ane liat cd roomnya disabled, n chek ke floppy ...
    Trus gagal deh,, gmn solusinya gan??????? -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™

    ReplyDelete
  18. ane pusing ni gan...
    netbook ane asus X201
    os bawaan DOS,mo ane instal windows7 gimana caranya gan?
    ane colokin dvd external g mau baca drive dvd external nya...
    thanks b4...

    ReplyDelete
  19. gan bantu ane!!!
    gua kan mau instal windows 8..setting boot-nya pda bios udah...tapi saat tengah perjalanan instal itukan d suruh pilih partisi yang akan dipakai...tapi yang bisa dipilih cuma local disk c aje,pdahal gue udah buat partisi baru!!! caranya buat bisa pake partisi hardisk yang laen gimana...??

    mohon penjelasannya!

    ReplyDelete
  20. Gan Clw Misalnya Bios Saya Ngilang to ngatasinya Gmana Gan,,
    waktu saya hidupin lektob, langsung.. masuk kewindows menu to gimana gan,,
    cara meresed ulang bios saya supanya muncul lg gimana gan,,,
    saya coba instal ulang, tp gak bsa detek CD saya to gimana,,

    ReplyDelete
  21. maaf gan numpang tanya kalo cara ngatur cd/dvd jadi master di bios phoenix gimana caranya..?
    thanks

    ReplyDelete
  22. gan,,,mau nanya ,, ,ni laptop thosiba tmen ane klo booting,,,slalu aja keluar boot menunya,,,padahal di settingan boot nya HDD udah tak prioritaskan no 1 , , ,tapi selalu aja keluar tu boot menu,,,gimana cara ngatasinnya. thx gan

    ReplyDelete
  23. Gan coba saya minta penjelasan,karana kemaren waktu membonting win 7 saya lancar ga ada masalah.kemaren 1 hari yg lewat,mau bonting win 8 saya kewalahan.padahal bios udah atur,kenapa kaga mau bonting dvd nya,malah masuk lagi ke windowus yg awal gimana ngatasi yg begitu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan, kan ane abis install windows 7,
      terus suka restart" sendiri, tuh ada pengaruh gak sama bios?

      Delete
  24. Gan knp yah labtop ªķΰ compaq , setelah ditekan power ,, muncul bios err0r ,, ??

    ReplyDelete
  25. Gan knp yah labtop ªķΰ compaq , setelah ditekan power ,, muncul bios err0r ,, ??

    ReplyDelete
  26. gan,tolongin gw donk,lptop axio clw gw ssh bgt diinstal (mati ktika proses instalasi windows),,,msa gw ngnstal dr pagi mpe mlm br brhsl stlh lbh krg 20x instalasi.permslhananya tuh lptop mati sndri pas lg nginstal,,gw smpt gnti mmry nya tp ttp gk bsa trs gw ncba gnti cd xp/w7 nya ampe 10 cd,gw ksih kipas ext ttp ja gk bs.anehnya stlh slsei diinstal gk pernh mti ndri atw brmslh.kira2 mslhnya dmn ya gan??????tmn gw prnh blng hrs diinstl pke wds yg ori????
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. atikelnya gak ngbhs mati ktika instalasi gan ya,,hehe :)
      mslhnya problem lptop ane dstu gan,,ktika dah instlasi dah gw tes gw idupin 24 jam gk pernah mati.kipas proc udh gw brshin kq.
      lptp tmn gw axio jg prmslhnnya sm ma gw

      Delete
  27. cara masuk booting komputer merek lenovo gimana?

    ReplyDelete
  28. gan gw make laptop lenovo b475 mau instal ulang windows 7.. kan masuk ke menu bot tuh.. tapi disitu gk ada pilihan 1st,2st dstnya itu kenapa ya..?

    ReplyDelete
  29. Mau nanya... Saya mau instal ulang karena win yg lama udah kebanyakn virus.. Seting boot ke 1 udah diganti dgn dvdrom tapi tetap ga bisa booting dari dvd, kabel ok, dvs ok.... Apa yg salah.... Mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  30. Mau nanya... Saya mau instal ulang karena win yg lama udah kebanyakn virus.. Seting boot ke 1 udah diganti dgn dvdrom tapi tetap ga bisa booting dari dvd, kabel ok, dvs ok.... Apa yg salah.... Mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  31. Mau nanya... Saya mau instal ulang karena win yg lama udah kebanyakn virus.. Seting boot ke 1 udah diganti dgn dvdrom tapi tetap ga bisa booting dari dvd, kabel ok, dvs ok.... Apa yg salah.... Mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  32. mau nanya gan..saya kan baru beli laptop asus k45d, pas mau instal windows ,biosnya gak ndetek,saya sudah coba pake dvd dan flasdisk,,saya coba2 trus malah laptopnya cuman menunjukkkan layar hitam yang menyebabkan gak bisa masuk bios ,,mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
  33. mau nanya gan , netbook saya toshiba nb510, kenapa dvd eksternal nggak terbaca di bootingnya, padahal di my computer( biasanya F) terbaca

    ReplyDelete
  34. kalo punya saya, setiap saat restar atau menghidupkan PC secara otomatis langsung masuk ke BIOS, kira-kira cara mengatasinya gimana?, mohon bantuannya ..

    ReplyDelete
  35. gan kalo pake acer tombol masuk area BIOS nya apa yak...

    ReplyDelete
  36. gan, saya udah install windows 7 pake flasdisk..trus udah nyampe tahap 2..pas mau masuk setup updating registry setting malah balik lagi ke awal install'an. gmna cara mnecegah itu gan?

    ReplyDelete
  37. Mohn pencerahannya Gan...
    Laptop sy LENOVO, sy mau instal ulang menggunakan windows 7 & ketika booting tidak ada pilihan 1st, 2st dan seterusnya, malah yang ada tulisan: Boot Device Priority 1. SATA HDD, 2. SATA ODD 3. NETWORK BOOT, lalu untuk mengatur setting awal ke VCD/DVD caray gmn Gan, terima kasih.

    ReplyDelete
  38. gan notebook butut ane ada masalah nie,,begitu di in tampilan awal nya
    “A Disk Read Error Occured. Press CTRL+ALT+DEL to restart”..
    udah coba di restar cuma g ada respon
    minta solusi ya gan

    ReplyDelete
  39. Gan Ane baru beli Asus X201E-KX162D
    OS bawaan DOS, sma kyak komen sblmnya mau install ke windows 7nya yg bagus yg mana y
    trus ktanya bsa pake flashdisk, min size brapa?
    di komen ada mslh dgn flashdisk, trus gmna caranya biar tetep bisa pake flashdisk, apa ada software khusus untuk connect flashdisk ke netbook

    Mohon pencerahan sekalian step2 dari awal sampai bisa terinstall windows 7nya

    terima kasih

    ReplyDelete
  40. masih bingung ne gan system booting kayak asus terbaru tu,,,gimana ya pengaturan bootingx jika nginstall lewat flashdisk????????????

    ReplyDelete
  41. permisi SUHU mohon petunjuknya..lg pening ne kompi jadul ane acer aspire 4736 slalu hang saat masuk bios setelah tekan ctr+alt+del 4 x bru jalan, lalu saat mo inul win xp atau win 7 gatot trus ga prnah mulai sama skali atau slalu starting windows yg lama,,bios sudah diupdate tpi masalah tu tetap aja ngendon ga mau minggat,,oya setiap start atau restart windows di home screen ga bisa refresh,sleep n klo buka aplikasi malah muncul propertise,,tpi setelah ctrl alt del windows berjlan normal lg n bgitu sterusnya,,any way thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  42. Gan. Netbook ane asal flashdisk dicolokkan nggak mau masuk bios. Setelah dicabut flshdisknya baru mau masuk bios. Kenapa tu? Mohon pencerahannya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja. Pakai flashdisk orang juga. Bingung dah ane. Gimana mau instal. Asal flashdisk dicolokkan dia ngak mau booting. Tanda underline kedip2 di pojok kiri atas layar.

      Delete
  43. gambar burem om HD donggg !! ga jadi sedot gua

    ReplyDelete
  44. gan bisa bantu, lapto asus saya selalu ke boot bios apa solusinya supaya bootingnya langsung ke windows merk laptop asus A46C, tks

    ReplyDelete
  45. Gan ad tutor lengkap install windows 7 ultimate pke dvd g..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan, ane mw tnya lg nih, pas ane mw install win7 pke dvd kok muncul ginian y gan? solusiny gmn gan
      "error booting from cd dvd drive press any key to reboot"

      Delete
  46. gan komputer saya waktu masuk bios kan ada pilihan Del , F10 dll gtu , tapi nyangkut disitu gabisa di apa-apain cman bisa di restart (Ctrl+Alt+Del) kenapa ya ? apa gara" VGA nya ? soalnya pas pake VGA onboard normalnormal aja gan

    ReplyDelete
  47. gan tolongin aku dong, laptop Lenovo ngatur biosnya gmna ya, begitu nyala yang muncul "enter new date" apa yang harus aku lakuin biar muncul biosnya gan...

    ReplyDelete
  48. gan gmna cara mengatasi komputer ngeblank pda saat itu sya meng utak atik bios nya lalu sya mengganti windowsNya dan d stu ada 3 pilihan yaitu windows 7,windows 8 dan manual,lalu sya plh windows 8 (sebelumnya windows 7 ) dan stlh d restars mlh ngeblank komputernya,gmna ya gan cra memperbaikinya,,

    ReplyDelete
  49. no bootable device -- please restart system, apa itu maksudnya dan saya restart dengan menggunakan tombol alt+ctrl+del tulisannya hilang, tapi jika saya lepas tombolnya, laptop saya masih ngk bisa kerestart gimana tuh ? ane bingung nih

    ReplyDelete
  50. bang netbook ane pke bios Phoenix SecureCore trus ane mau install windows xp tpi pas ane masuk bios, tulisan boot with --- gk ada bang.. lah. ane install windows lagi gimana bang.. soalnya "operating system not found".. :(

    ReplyDelete
  51. Gan... Klaw instl win7 lewt flashdisk..
    Trz setlah msuk d bgian ke 2 stlah start setup_***
    kuk ngg bsa di load'nya drive bwt installnya_***
    past d brows ato di scan mlah missing trus_***
    itu knp ya Gan !!?

    ReplyDelete
  52. gan ane mau instal toshiba satellite NB10-A gimana cara seting biosnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ketemu gan masalahnya, ane juga mau nginstal nih tapi ga bisa -_-

      Delete
  53. kalo masuk biosnya bisa. mau ganti kabel usb pun tetap ga bisa...
    settingannya udah dicoba ganti ganti padahal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan saya mau tanya, saya baru saja instal ulang windows 7 menggunakan FD di neetbook axioo pico, semua lancar saja tapi kalau saya mau hidupin neetbook setelah tekan tombol power selalu minta tekan tombol F2, itupun langsung masuk ke bios tidak bisa langsung loading ke windowsnya, untuk pengaturan biosnya sudah saya coba ganti urutannya tetap tidak bisa. loading dengan normal... makasih.

      Delete
    2. gan saya mau tanya, saya baru saja instal ulang windows 7 menggunakan FD di neetbook axioo pico, semua lancar saja tapi kalau saya mau hidupin neetbook setelah tekan tombol power selalu minta tekan tombol F2, itupun langsung masuk ke bios tidak bisa langsung loading ke windowsnya, untuk pengaturan biosnya sudah saya coba ganti urutannya tetap tidak bisa. loading dengan normal... makasih.

      Delete
  54. laptop saya compaq 320 ketika menekan tombol power yang muncul hanya logo lalu kursor berkedip kemudian kembali ke logo terus ke kursor berkedip begitu seterusnya mohon solusi

    ReplyDelete
  55. gan asus x451 ku bru beli tapi dvd room untuk putar keping vcd koq gk bisa kalo dvd bisa apanya yang perlu diseting gan.tr

    ReplyDelete
  56. gan asus x451 ku bru beli tapi dvd room untuk putar keping vcd koq gk bisa kalo dvd bisa apanya yang perlu diseting gan.tr

    ReplyDelete
  57. bos saya punya lenovo s210 mau instal ulang g bisa masuk ke bios padahal sudah ada petunjuknya F2, F10 tapi g bisa, tak coba pake delete keluar windows boot manager,,,masalahnya sekarang stiap dihidupkan masuk k windows boot manager trus,,

    ReplyDelete
  58. 1. gimana cara masuk kbiosnya?
    2. gimana cara ngilangin windows boot managernya biar g selalu muncul bos,,,

    ReplyDelete
  59. gank boot priority yang ada IDE 0, IDE 1 USB FDD,Network Boot, USB HDD dan USB CDROM....saya pilih yg mana mas.

    ReplyDelete
  60. saat boot tombol enternya tidak berfungsi pak..
    sehingga tidak bisa memilih/masuk
    solusinya gimana pak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalee aje karet tombol keyboardnya udh rusak. coba di beli aj karetnya di toko komputer. cm 500rp/biji.

      Delete
  61. mau tanya sedikit ni boss leptop sy Asus A46c stingan biosnya mati boss tidak bisa di rubah pengaturannya...bgmna caranya untuk kembali boss

    ReplyDelete
  62. Salam IT gan..!

    mw nanya nih. seperti yg sdh dibahas sebelumnya kalo mw instal soft windows pake flash/CD/DVD kan bisa di atur di biosnya. nah kebetulan kakak ku blm lama beli laptop toshiba satellite NB10-A yg soft bawaannya windows 8 pro. Nah, lantaran kakak ku ga tw nih seluk beluknya pake windows 8 jadi aku disuruh instal ulang pake windows 7.

    permasalahannya gan:
    1. Setting bios untuk instal menggunakan flash udh gw ganti diposisi pertama. tapi pas gw restart ulang kok ga mw masuk ke mode "windows installation" malah lanjut ke tampilan desktop?

    2. karena cara pertama td udh gw coba, akhirnya gw coba buka file instalasi lewat windows eksplorer. Tapi ga bisa jg gan. gimana tuh solusinya? mohon jawabannya :)

    ReplyDelete
  63. saya maya tanya gan, pada saat instal s.o win7 ..muncul partisi,,nga sengaja terpencet format akhirnya semua drivernya hilang....akhirnya kita bingung mau di istal kemana s.o nya,,,,tolong bantuannya gan di jelasin....tks

    ReplyDelete
  64. mas kalau bootingnya sudah diatur tapi pcnya gak mau masuk untuk menginstal

    ReplyDelete
  65. mohon bantuanya gan...saya punya laptop compag 421 yang gagal update bios,,,yang saya mau tanyakan ,,bagaimana cara untuk mengembalikan bios lama tersebut,,,,??
    mohon pencerahanya,,,salam kenal gan,,

    ReplyDelete
  66. gan,, ane instal Pc HP mx705 intel pentium 4,, booting flash'a terbaca sama bios, tapi waktu kita klik F10 (save and exit ) malah gk masuk dalam tempat instal windows'a,, ( instal win xp ),,
    tapi malah masuk ke windows start up gan,, (seperti pakek biasa)
    kira2 knpa tu gan..?
    mohon pencerahan'a...

    ReplyDelete
  67. mudah"an masih aktif blognya.. mau tanya nih gan toshiba satellite A65 . ko di bios ga bisa detek dvd external ya.. tolong pencerahanya gan

    ReplyDelete
  68. mo nanya niy gan...PC ane pentium 4 trus mau instal Wxp pake DVD eksternal USB tapi koq di bios nya ga ada boot via DVD eksternal..gmn donk...

    ReplyDelete
  69. saya ada masalah dgn install toshiba mini nb10-a 11,6inch, no OS.
    udah pake brbagai cara tp tetep gak bisa :
    1, pake usb
    2, pake CD/DVD
    3, HDD diinstal pd laptop lain (hanya windowsnya saja) / ghost
    stelah screen thoshiba lgsg muncul tulisan please select boot.
    padahal langkah 1 dan 2 setingan pd bios untuk usb dan DVD udah dinomor atas.
    mohon solusinya

    ReplyDelete
  70. Gan, mohon bantuannya, netbook saya merk asus. Saya sudah instal ulang win 7 ultimate pakai flasdish tp kok lemot banget ya? Pdhl blm saya instal yg lainnya, lalu saya saya instal ulang lagi pakai dvd room ekstetnal, hasilnya juga sama, tetap lambat banget. Tlg solusinya gan...mksh sblmnya

    ReplyDelete
  71. Gan Ane Pke PC mobo Asus P5KPLAM SE,Port Sata Awalnya ada 2,satu buat Hdd 250 G yang berisi os win 7 32 bit,satunya lg buat port dvd room (in use).dan port IDE 1 nganggur,Kemudian ane tmbahin lagi HDD 1 Tera Sata,karena port sata dah penuh ane lepas tuh port yg buat dvd room trus sy buat colokin HDD yg 1 Tera td,Pada awalnya tidak ada masalah semua aman,setelah itu ane beli bilateral SATA to IDE/IDE to SATA conector buat masang DVD room yg Sata khabisan Port tdi biar bisa konek sama Mobo yng tinggal da PORT IDE nya,dan setelah itu tidak ada masalah juga gan ,,semua aman working properlly,,setelah bebarapa lama ane nyalain pc gak bisa booting gan,,jadi setiap nyalain harus tekan F8 biar bisa select boot device baru bisa start up pc ane..Gimana tuh Gan ,,da solusio gk?trmksih sblumnya..!

    ReplyDelete
  72. Gans...
    ane mau tanya..

    leptop ane asus U46S,
    kalo di nyalain pasti dia minta mencet F1, cara biar ga usah mencet F1 gman ya, pas mau masuk windows..?

    Thanks

    ReplyDelete
  73. gan, mohon bantuannya... komputer saya mau di instal ulang, tapi pas masuk ke biosnya gak ada menu bootnya.,...
    gimana ya???

    ReplyDelete
  74. nice post, thanks for sharing.

    ReplyDelete
  75. Salam sejahtra gan....
    mau nanya kalaw laptop saat memasuki tahap booting saat instalasi tapi flashnya tidak terkonect gamana? tapi saat hidupin laptopnya di cek flash tersebut konect mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  76. ternyata mudah ya setting bios
    info sip gan...

    ReplyDelete
  77. permisi gan, mohon bantuan na ya. ini saya baru beli netbook asus lalu pas saya nyalakan itu keluarnya layar hitam beserta tulisannya. gimana cara na bisa masuk ke tampilan awal biasa ya? perlu disetting apa na? maklum saya tidak mengerti ttg netbook.. terima kasih sebelumnya gan

    ReplyDelete
  78. kalau mengembalikan booting ke DVD/CD yang terhapus saat bios gimana caranya gan ?

    ReplyDelete
  79. Galih PURna>>> Caranya direset ulang pada bios nya>>>>> nanti apa yang telah kamu rubah pastu kembali ke semula...jangan takut untuk belajar bios,,krn bios tdk bisa di hapus saat kita rubah-rubah settingannya,

    ReplyDelete
  80. mau tanya gan,,, langkah udah seperti yang disarankan,,, tapi PC tetep aja ga mau booting CD,, tapi yg muncul tampilan motherbord dan restart lagi,, gitu terus gan..trs jg ada tampilan "PCI device listing" ..... mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  81. gan mau tanya ,,gman ya cari memperbaiki lattop yang layarnya hitam gara-gara instal BIOS,,,?
    mohon bnatuannya,,,

    ReplyDelete
  82. kalo bios nya IBM gimana gan ?
    tampilannya beda

    ReplyDelete
  83. mohon dibantu gan,,,saya punya komputer tapi bios ngga mau nyimepn perubahan setinggan biosnya...saya mau booting lewat dvd ngga bisa soalnya ngga mau nyimpen perubahan setingan...gemana solusinya ya gan, batrai cimos udah diganti yang baru padahal...mohon bantuan agan2...terima kasih..

    ReplyDelete
  84. gan kalo tampilan bootnya hdd usb odd fdd lan itu gmna, tlong bntuannya gan

    ReplyDelete
  85. Gan,laptop ane kok,ga bisa masuk ke windows ya?masuk nya ke bios mullu

    ReplyDelete
  86. keren bermanfaat kunjungan bali ke blog saya ke trikmu.com atau klik nama yg ada dikomentar saya

    ReplyDelete
  87. mau tanya gan, kenapa muncul pilihan OS pada laptop padahal cuma instal 1 OS, cara menghilangkannya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hapus partisi yang sudah dibuat sebelumnya, tekan windows + R , lalu ketik "diskmgmt" *tanpa kutip

      Delete
  88. bang kenapaya notebook ane gak bisa star up dan ada tulisan"operating system not found"

    ReplyDelete
  89. lenovo g50 ane gagal start up gan skrang kluar tulisan bios in this system is not fully ACPI compliant. ane cek bios mmang ga lg uptodate . gmana slusinya gan. mau update biosnya gmna

    ReplyDelete
  90. Gan klu laptop asus pas dinyalain langsung masuk bios..
    Trus pilihan instal ulang lewat dvdnya hilang..

    Itu gmn ngembalikan pilahan pada bootnya?

    ReplyDelete
  91. Klik pilihan dibiosnya cuman ada fast boot
    Launch csm
    Delete boot option..
    Itu gmn instal ulangnya?

    ReplyDelete
  92. Gan mau tanya nie, gmn cara nya isntal ulang Asus X200M?
    rencana mau instal win XP tapi ga mau boot gitu XP nya gan...
    BIOS nya pake UEFI gitu..

    ReplyDelete
  93. gan ane laptop toshiba ane bermasalah...
    kalo booting normal tapi masuk windows malah blank...
    nah permasalahannya mau di instal ulang master windowsnya ditanam di hdd...
    ane lupa tekan F8 apa F10 ya...
    tapi anehnya malah masternya ga mau kebaca juga... :'(

    ReplyDelete
  94. mas .. saya ke manu boot yang ada di bios, tapi ko pas di boot-nya kursor nya nggak bisa di arahin ke atas ke bawah, mau install windows 7, tapi kendalanya di boot-nya doang nggak bisa di arahin ke atas kebawah, tolong dijawab ya gan.. | laptop saya ASUS intel R celeron gituu..

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  95. mau tanya dong..

    saya mau install windows 7, tap pas di menu boot yang ada di bios, ko ngga bisa di arahin ke atas & ke bawah ya ?, kendalanya cuma di boot-nya doang, ngga bisa di arahin ke atas ke bawah, itu kenapa ya ? | laptop saya ASUS intel R celeron gituu... setara core i3.

    tolong di jawab yaa.. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. G X KMH is missing
      pree crtl+alt+del to restart
      maksudnya gimna itu ya? udh dilakuin perintahnya begitu2 lagi, abis sy instal windows loader kan minta direstart malah jadi gtu? gmna ya gan? trus sy juga blm ngerti klo ngebooting itu mohon bantuannya, makasih

      Delete
  96. Terimakasih sob, sangat membantu sekali tutorialnya..

    ReplyDelete
  97. Gan laptop ane gak bisa masuk ke windows gue udah coba semua cara di repair stup

    ReplyDelete
  98. Gan, saya baru menyalakan notebook merk acer setelah menyala ada tulisan "A disk error ocurred. Press ctrl+alt+del to restart" sdh saya tekan tapi muncul tulisan itu lagi.
    mohon petunjuknya gan? tq

    ReplyDelete
  99. gan gmana cara mengatasi dvd yang tidak terdeteksi tankss

    ReplyDelete
  100. Gan.. win 7 terkunci, biosnya tidak bs d edit, fd tdk bs k bc, gmn spy bs membka win 7?

    ReplyDelete
  101. gan kenapa komputer saya engk bisa masuk ke bios ya???walau pun segala macam tombol uda di pencet engk mau jugak muncul bios nya tolong di jawab ya gan!!

    ReplyDelete
  102. Gan.. kalau punya saya baru tapi kosong.. cara seting y gimana... ada cdrom bawaan y a tapi gk bisa di instal

    ReplyDelete
  103. Gan lu kan jago komputer.. Tolongin gw gan, gimana caranya nginstal Memek cewe gw, biar memeknya bisa nyedot lagi. Kaya waktu pertama kali gw pake (waktu masi perawan). Tolong ya Gan,, dijelasin

    ReplyDelete
  104. Bos laptop ane loding star up pertamanya lama bangat kenapa tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di setting aja kecepatan boot nya gan, kalau mau setting bootnya biar cepet coba aja cari di googe. ada banyak referensi. semoga membantu.

      Delete
  105. gan,saya kan pnya laptop axio udah lama sih...waktu saya hidupkan laptop koq tampilannya ada tulisan F2 DAN F7 boot options ..kalau itu dimana solusinya ya gan...?

    ReplyDelete
  106. >>>>>>>>Tanya Gan, gimana langkah pengaturan supaya flashdisc atau device bisa terkoneksi dengan laptop?? Makasih<<<<<<<<<<<<

    ReplyDelete
  107. good info,nice artikel, thank for inspirasion, very benefit to my life,read more masuk ke bios asus

    ReplyDelete
  108. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete
  109. mau tanya ,,, kalo mau download misal line atau bbm di pc bisa apa gak ,, kalo bsa gmana caranya ,, setiap di download tulisannya this app incompatible ato ap saya lupa,, bisa bnatu gak ? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong bang nnti kita buatkan tutorial ya

      Delete
  110. Setting BIOS Cinta gimana gan... Cintanya gak bias Booting.......

    ReplyDelete
  111. pa....klu cara seting bios untuk notebook asus ...instal mengunakan flashdik cara gimana pak....

    ReplyDelete
  112. Permisi gan..
    mohon dibantu :) saya mau intal ulang komputer ACER.

    saya sudah masuk kedalam bios gan, tapi menu boot nya gak ada.
    gimana caranya masuk keboot nya ya gan?

    mohon pencerahannya gan..
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  113. Tolong gan laptop saya asus x450c windows 8, tiba2 laptop saya mati dan muncul tulisan " reboot and select boot device or insert boot media in selected boot device and prees a key" sudah saya coba bersihkan hardisk kemudian saya masuk bios pada menu boot.namun pada menu boot tidak ada muncul 1 boot device, 2 boot device, 3 boot device melainkan hanya muncul : boot configuration (launch pxe oprom saya disabled)
    Kemudian di bawahnya boot option #1 saya pilih p2 : matshitadvd-ram ...)
    Dibawahny lagi
    Cd/dvd rom drive bbs priorities
    Delete boot option.

    Buntu gan sudah ubek2 mbah google tdk ada yg berhasil.
    Mohon bantuannya gan terimakasih.

    ReplyDelete
  114. Admin mana admin ?????? Itu yg nanya koq g dijawab !!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe sorry bg banyak agenda, banyak konten yang harus diurus ni

      Delete
  115. ia sama sama bg, terimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  116. sama saja kak, biasanya di f2 atau f10

    ReplyDelete